Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Uji Rencana Operasi, PPRC TNI Gelar Tactical Floor Game






Jurnal34news-Menginjak hari ke tiga, Latihan Geladi Pos Komando Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI tahun 2018 menguji kematangan konsep Rencana Operasi (RO) dengan melaksanakan  Tactical Floor Game (TFG), bertempat di ruang Yudha Mako PPRC Divisi Infanteri 2/Kostrad, Malang, Jawa Timur, Rabu (2/5/2018).

Latihan TFG digelar dihadapan Komandan PPRC TNI Brigjen TNI Dr. Marga Taufik, S.H., M.H. beserta para Asisten PPRC, dengan tujuan untuk memastikan rencana operasi dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan termasuk upaya mengatasi kendala-kendala yang ada di lapangan.  “Kegiatannya dimulai bagaimana mengatur pergerakan pasukan dan pengerahan Alutsista dari pangkalan hingga ke sasaran dengan memperhitungkan ketepatan waktu yang sudah dibuat,” ujarnya.

TFG PPRC TNI diikuti oleh seluruh unsur Komandan Satuan, antara lain Komandan Satuan Tugas Darat (Dansatgasrat) Kolonel Inf Renal A. Sinaga yang sehari-hari menjabat Danbrigif 18-Divisi 2/Kostrad, Komandan Satuan Tugas Laut(Dansatgasla) Laksma TNI Irvansyah yang sehari-hari menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Barat dan Komandan Satuan Tugas Udara (Dansatgasud) Kolonel Penerbang Meka Yudanto yang sehari-hari menjabat Komandan Wing 2 Lanud Abd. Saleh.

Dalam pelaksanaan TFG, tiap-tiap Dansatgas beserta jajarannya memaparkan rencana operasi masing-masing dengan tujuan untuk memberikan gambaran kegiatan operasi yang sebenarnya diatas peta besar, dengan menggunakan model replika Alutsista yang akan digunakan.

Usai melaksanakan TFG,  masing-masing Satgas akan menyusun kembali Rencana Operasi berdasarkaan hasil pengujian dan penilaian, selanjutnya RO ditempa menjadi Perintah Operasi Komandan PPRC TNI yang akan disampaikan menjelang pelaksanaan operasi.

Pelaksanaan latihan lapangan PPRC TNI kali ini akan dilaksanakan di tiga  tempat, yaitu Morotai, Timika dan Selaru pada pertengahan bulan Mei 2018 mendatang.

Turut hadir mengikuti kegiatan TFG, antara lain Komandan  Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI selaku Direktur Latihan (Dirlat) PPRC TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, M.D.A.  beserta pengendali dan pengawas latihan serta Komandan Kodiklat Angkatan Laut Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.

Autentikasi:
Dansatgaspen PPRC TNI Tahun 2018, Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P. HP
Share This Article :

KASUS NARKOBA