Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Desainer Songket dan Tenun Anna Mariana Gelar Show Tunggal di Acara IMFW 2018, 60 Busana Tampil di IMFW.

Jurnal34news.com, Jakarta- Tak pernah puas dalam berkarya, rupanya perancang tenun dan songket  Anna Mariana  bakal mengelar show tunggal di tengah acara Indonesia Modest Fashion Week (IMFW)  di Jakarta Convention Center, Jakarta Jumat (5/10) malam.

Modest Fashion Week adalah fashion show  yang menampilkan busana busana santun,  menutup  seluruh tubuh, tanpa menampakkan lekuk tubuh. IMFW pada 2018 ini sudah berlangsung untuk yang keempat  kali dan akan digelar sejak 3-7 Oktober di Jakarta Convention Center.

Anna menyebut,  ia sudah menyiapkan 60 busana yang mengikuti tema utama IMFW  tahun ini, yakni "Heritage Long the Coast of Indonesia" atau Eksotisme warisan budaya leluhur pesisir Indonesia.

Desainer Anna Mariana memberikan keterangan pers kepada jurnal34news.com melalui sambungan telepon.

Ia mengatakan, seneng dan bangga bisa turut berpartisipasi memenuhi undangan dari Penyelenggara acara IMFW 2018. Saya di undang khusus dan memberikan inspirasi dan pembekalan mengenai budaya Wastra tradisional tenun dan songket ciri khas pesisir Indonesia untuk bisa hadir rancangan-rancangan saya dari house Of Marsya bisa ikut mengadakan pegelaran budaya dan show tunggal yang bernuansa muslimah namun tetap rancangan nya mengunakan terun-tenun dan songket khas Nusantara di Event tahunan tersebut," lanjutnya.

Anna menambahkan, dan yang segitu membanggakan acara tersebut di hadiri lebih dari 200 designer asal indonesia dan ada dari negara luar seperti Malaysia, Korea dan lain-lain yang ikut pada Event IMFW tahun 2018.

Saya sangat senang dengan kehadiran saya bisa memberikan manfaat dan memberikan sharing ilmu kepada para semua desainer-desainer yang ikut dalam ajang IMFW 2018 kali ini, sebulum acara terselenggara saya di undang menjadi narasumber untuk membawakan materi mengenai Budaya Wastra Tradisional hand made Khas Nusantara yaitu pengetahuan secara produk knowlage nya secara detail. Kepada para desainer-desainer indonesia yang turut hadir pada hari Selasabtanggal (2/10) lalu, di Balk Room restrn Al jaera cipinang raya, Jakarta.

Desainer yang akan mengikuti Ajang IMFW 2018 sebelum nya berkumpul mengadakan silahturahmi dan presscon sekaligus talk show dan pembekalan materi budaya wastra tradisional Pesisir khas Nusantara sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia," tutur Anna.

karena begitu banyak desainer Indonesia dan Luar Negeri yang belum mengenal Wastra Tradisional Tenun dan songket secara in detail mulai dari cara pembuatan nya yang masih sangat tradisional dan unik. Jenis-jenis motifnya yang etnik, dan cara membuat benang-benangnya menggunakan benang-benang pewarnaan alam yang bgtu menarik dan unik, serta motif-motif nya mengandung filosofi yang tinggi serta mengandung nilai - nilai sejarah yang sangat di junjung tinggi oleh bangsa Indonesia dan di sangat di kagumi oleh dunia internasional," ucap Anna.

Kesemua nya merupakan warisan dan aset budaya Leluhur bangsa Indonesia yang wajib di lestarikan produk nya dan terus di kembangkan bersama," jelasnya.

Di ajang IMFW 2018 dan pergelaran tunggal saya, kesemua busana-busan rancangan saya bernuansa Tenun dan songket muslimah. Mengangkat budaya Indonesia mulai dari lagu-lagu daerah-daerah mengiringi para model yang memperagakan busana-busana nya, juga tari-tarian daerah sesuai busana-busana khas daerah masing-masing," jelas Anna.

Anna Mariana Melanjutkan, supaya masyarakat dan penonton bisa memahami budaya khas daerah-daerah Nusantara. Khusus nya Wastra tradisional tenun dan songket sampe lagu-lagu daerah, tari-tarian daerah.

Tema yang di usung dalam ajang IMFW 2018 kali ini adalah "Muslimah dan berciri khas budaya Nusantara," dan mengangkat Tema Busana muslim yang bernuansa Budaya Tradisional khas Pesisir Nusantara," tuturnya.

Harapan mengenai Wastra Tradisional Nusantara Tenun dan Songket

Saya sebagai seorang pengabdi budaya dan pengembang budaya khusus Tenun dan Songket Indonesia selama lebih dari 35 thn ini, berharap kepada Pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo bisa mendukung perjuangan saya selama ini, dalam memperjuangkan aspirasi para pengrajin - Pengrajin Indonesia yang mengharapkan Pemerintah dan Presiden Joko Widodo bisa mewujudkan, meresmikan ada nya satu hari di tetapkan sebagai "Hari Tenun dan Songket Nasional".selayak nya hari Batik Nasional," ujar Anna.

“ Tujuan nya Agar Budaya Wastra Tradisional Tenun dan Songket khas Indonesi yang merupakan aset dan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia, terselamat kan produk-produk nya yang sudah di kenal di seluruh Dunia produk-produk nya mempunyai berciri khas budaya Indonesia. Terhindar dari klaim menjadi budaya milik Luar Negeri, seperti kasus batik-batik merupakan Khas budaya warisan leluhur Indonesia di klaim oleh Luar Negeri yaitu Malaysia," pungkas Anna.

Sebelum mengakhiri wawancara nya bersama jurnal34news.com, Desainer Anna Mariana mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendukung terwujud nya “ Hari Tenun dan Songket Nusional," ungkapnya.

Penulis   : Agung
Editor      : Wisman
Share This Article :

KASUS NARKOBA