Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

RS Polri Mulai Identifikasi Korban Lion Air JT 610



Jurnal34news.com - MULAI hari ini pihak Rumah Sakit Polri Kramat Jati mulai memeriksa jenazah korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610.

Saat ini sudah terdapat 24 kantong jenazah yang diterima pihak rumah sakit. Dalam identifikasi postmortem, pihak rumah sakit menyediakan sebanyak 15 dokter forensik dan dokter Odontologi, yang nantinya memeriksa identifikasi para korban yang sudah ditemukan.

"Ahli DVI yang siap di sini, sejak tadi malam sudah mulai bekerja hingga pagi hari ini saya melihat kegiatan postmortem di lokasi," kata Wakapolri Komjen Ari Dono di RS Polri Kramat Jati, Selasa (30/10/2018).

Menurut Komjen Ari Dono, untuk menunjang proses identifkasi korban, pihaknya juga sudah mulai mengumpulkan data-data antemortem. Bahkan, hingga pagi ini sudah sebanyak 151 keluarga keluarga korban yang melakukan tes DNA.

Untuk itu, ia mengimbau keluarga korban untuk segera melakukan proses pemeriksaan tes DNA di Posko Antemortem RS Polri. Karenam hal itu akan mempermudah proses identifikasi para korban yang sudah ditemukan.

"Imbauan kepada keluarga dalam rangka mempercepat pemeriksaan DNA, orangtua atau anak korban, untuk bisa segera datang ke rumah sakit untuk pemeriksaan DNA. Karena dalam postmortem hanya kerabat atau kawan yang datang bisa menjelaskan pakaian dan ciri-ciri fisik lain. Tapi kalau DNA harus orang tua atau anak," jelasnya.

Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati Kombes Pol Dok Musyafak mengatakan, dalam proses identifikasi para korban, pihaknya akan mengumpulkan data antemortem korban. Data antemortem tersebut terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder.

Data primer meliputi sidik jari dan data gigi, hal itu yang akan menjadi acuan dalam proses identifkasi para korban. Sebagai pelengkap juga terdapat data sekunder, meliputi properti, baik foto korban saat tersenyum, maupun data pelengkap korban dan tanda medis korban seperti tato atau bekas operasi.

"Proses identifikasi sesuai dengan standar DVI interpol, di mana kita memeriksa properti dari hasil keterangan keluarga korban maupun hasil pemeriksaan kepada korban itu sendiri. Melihat kasus sekarang, kecelakaan pesawat ini, mungkin selain gigi gerigi juga dilakukan tes DNA," paparnya.
Share This Article :

KASUS NARKOBA