Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Mengenal Dekat Program Jum'at Barokah (JB) *"Polisi Peduli & Berbagi Kepada Masyarakat"* Apa Itu Program Jumat Barokah ??



Jurnal34news.com - Program Jumat Barokah itu merupakan kegiatan sosial masyarakat dan mulia. Program Jumat Barokah adalah Suatu gerakan moral yang tulus dari hati setiap Insan Polri di Polresta pekanbaru, dengan mengoptimalisasikan program Kapolri yaitu, reformasi kultural di Polisi Resort Kora Pekanbaru.

Kegiatan sosial wujud Polisi sebagai pelayan dan pengayom masyarakat secara lansung dengan cara turun mengunjungi warga yang kurang mampu di wilayah hukum Polresta Pekanbaru.

Sumber kegiatan sosial ini yaitu hasil dari sumbangan sukarela anggota polisi setiap hari Senin dan Jum'at, seribu atau lima ribu rupiah melalui kotak amal, uangnya dibelikan sembako dan diantar langsung kepada masyarakat yang kurang mampu, berdasarkan masukan saran dari para Bhabinkamtibmas kita bersama tim survey dari perempuan LIRA.

Kegiatan sosial ini, didukung dengan bantuan oleh instansi lain seperti, IDI Riau yang ikut membawa sembako dari sumbangan para dokter-dokter yang tergabung dalam Organisasi kedokteran Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau, Ketua LBP2AR, Perempuan LIRA Pekanbaru, rekan- rekan media yang rutin ikuti giat Jumat Barokah.

Selanjutnya, dari IDI, Civitas Akademi UNRI, UIR, UIN, MUI, PEMKO, FPI Kota, PWI dan anggota DPRD Provinsi dan Kota Pekanbaru, para pengusaha serta tokoh-tokoh masyarakat Lainnya.

Kepedulian Polisi Peduli dan Berbagi dalam Program Jum'at Barokah (JB) Polresta Kota Pekanbaru, begitu mengispirasi banyak elemen masyarakat dalam mewujudkan promoter Kapolri dengan program sosial masyarakat dan serta menjadi suatu bukti nyata inspiratif bagi kepolisian untuk peduli dan berbagi.

Apresiasi yang luar biasa dari pihak Kepolisian yaitu Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto SIK SH MH melalui tangan sosok inisiator AKBP Edy Sumardi P SIK selaku Wakapolresta Pekanbaru dengan sukses telah membawa kisah inspiratif ini dalam program Polisi Peduli dan Berbagi.


kegiatan program peduli dan berbagi Jumat Barokah (JB) dimulai sejak Mei 2017 hingga saat ini. Berawal dari kepedulian polisi terhadap masyarakat, hingga kini kegiatan tersebut menjadi gerakan moral yang tulus setiap hati para insan polri dalam mengoptimalisasikan program Kapolri dalam menjalankan tugas sebagai polisi Pelayan dan Pengayomi masyarakat di wilayah hukumnya. Khususnya bagi warga yang kurang mampu.


 Tujuan Jum'at Barokah (JB) Adalah :

*A. Terhadap Masyarakat*
1. Polisi dapat Membantu secara langsung dan meringankan beban hidup masyarakat yang kekurangan.
2. Bersilahturahmi dan bertemu langsung Polisi dirumahnya dan dikunjungi pimpinan Polisi Setempat.
3. Menumbuhkan kecintaan dan kepercayaan masyarakat terhadap Polisi

*B. Terhadap Instusi Polri*
1. Meningkatkan upaya Reformasi Kultural Internal Polri
2. Mengunggah hati Polisi untuk selalu peduli dengan masyarakat yang membutuhkan
3. Meningkatkan kesadaran polisi, untuk perbanyak sedekah dan agar lebih semangat bekerja sambil beramal sedekah kepada Allah SWT

*C. Terhadap Elemen Masayarakat Lainnya*
1. Mengunggah pihak lain untuk lebih peduli serta mau berbagi dengan warga masyarakat yang membutuhkan.
2. Mengajak peran serta aktif masyarakat, untuk bersama-sama Peduli dan membantu masyarakat kurang mampu disekitarnya
3. Membantu program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan.

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan Program Jumat Barokah, adalah :
1. Semua Polisi Dengan ketulusan Hati dan Membiasakan diri, Agar terbiasa bersedekah.

2. Polisi semakin dekat dengan masyarakat, selalu berikan pesan Kamtibmasy dan sembari membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dengan tidak memandang suku dan agama, semuanya dibantu.

3. Masyarakat berperan serta aktif, untuk bersama Polisi dalam membantu masyarakat kurang mampu dengan turun langsung memberi bantuan kepada masyarakat.

4. Menghilangkan kesan negatif terhadap polisi serta membuat Perubahan menjadi Polisi Pengayom dan Humanis, sehingga masyarakat menjadi lebih dekat serta merasa bagian dari mitra Polisi dalam memelihara Kamtibmas.

5. Terbangunnya rasa kebersamaan antara polri dan masyarakat, karena dalam giat jumat barokah ini berprinsip gotong royong dan keikhlasan.

*Sumber dana kegiatan JB*
Kegiatan ini ersumber dari sumbangan sukarela anggota Polisi Polresta Pekanbaru, Seribu hingga sampai Seratus Ribu Rupiah yang dikumpulkan oleh staf bagian sumda melalui kotak amal serta dijalankannya setiap habis apel pagi Hari Senin dan Jumat yang bertujuan untuk membiasakan diri anggota polisi, untuk selalu bersedekah dan bekerja sambil beribadah.

Terus sumber lain, berasal dari anggota donasi anggota tim JB lainnya dan masyarakat umum yang memiliki rasa sosial yang sama melalui tim JB

*Donasi Jum'at Barokah*
Tim Polisi Peduli dan Berbagi Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menyalurkan Infak dan Shodaqoh kepada masyarakat kurang mampu, tim JB siap menyalurkannya melalui rekening yang telah ada.

Rekening BRI atas nama *Amalia* *Harun* nomor Rekening : (157201000457534) dengan nomor HP (08127690864)

Semoga kegiatan sosial Polisi Peduli dan Berbagi Jumat Barokah Polresta Pekanbaru dapat mengetuk hati semuanya. Untuk gerakan semangat rajin bersedekah dan membantu sesama warga masyarakat yang kurang mampu dengan berbagai elemen, tidak hanya umat muslim, namun dari berbagai kalangan agama lainnya juga turut terbantu dengan program sosial ini serta masyarakat kurang mampu lainnya disekitar kita (#JumatBarokah).
Share This Article :

KASUS NARKOBA