Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Sinar Mas Wakafkan Alquran di Depok




Jurnal34news.com - Jakarta, 17 Februari 2019. Langkah Sinar Mas mendukung pemenuhan kebutuhan mushaf Alquran di lembaga pendidikan, berlanjut saat program Wakaf Quran bagi Negeri menjangkau kawasan Depok, Jawa Barat. “Wakaf diperuntukkan bagi Ponpes Cendekia Amanah,” ujar Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin seusai penyerahan simbolik mushaf Alquran kepada Pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah, yang juga Ketua Dakwah Majelis Ulama Indonesia, KH. M. Cholil Nafis.

Saleh mengungkapkan, di lingkup Sinar Mas terdapat lebih dari 300 sarana peribadatan Islam seperti mesjid dan mushala, dimana pihaknya berharap dapat menjadi wahana penyebarluasan nilai keislaman yang terbuka, damai, toleran dan peduli sesama. “Itu sebabnya, kami sembari bersilaturahim, menyerap ide dari organisasi, lembaga pendidikan serta sosok yang selama ini menjadi pusat syiar Islam moderat.”

Menurut KH. M. Cholil Nafis, Alquran yang diberikan oleh Yayasan Muslim Sinarmas sangat membantu umat untuk belajar.
"Jadi ada cetakmya yang mudahkan kami menghafal.  Yang kedua, bagi mereka yang mau baca terjemahan, disebelahnya ada terjemahannya. jadi susunannya mudah untuk jadi penghafal. Yang kedua, bagi yang gak mengerti lebih mudah membaca terjemahannya,' ujar nya.

Adapun kegiatan ini dihadiri Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang pada kesempatan memberikan apresiasi tinggi kepada Yayasan Muslim Sinar Mas dalam komitmennya  mendukung langkah Pemerintah memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat. "Saya bersyukur, menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada siapapun pihak, yang telah mewakafkan Alquran dalam hal ini Sinar Mas. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini betul betul mampu meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan" Kata Menteri Agama Republik Indonesia, H. Lukman Hakim Saifuddin.

Pada hari senin (18/2), wakaf diserahkan kepada Masjid Universitas Indonesia yang diterima oleh Rektor UI Prof Dr Muhammad Anis dan disaksikan oleh Sekretaris Dewan Pengurus Masjid UI, Shihabudin Afroni Lc, MA. “Pihak pengurus akan menyalurkannya ke mesjid dan mushola di sejumlah fakultas yang berada di UI. Semoga kegiatan ini dapat membantu memperluas akses umat terhadap mushaf Alquran,” kata Saleh. Sebelumnya, ratusan mushaf juga telah diwakafkan bagi beberapa pondok pesantren, yang diterima oleh Ketua PBNU, KH Marsudi Syuhud di Jakarta (28/1).


Program Wakaf Quran untuk Negeri telah berlangsung sejak tahun 2008 dengan dukungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Sepanjang kurun waktu tersebut, tersalurkan lebih dari 800 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran dan Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah. Menurut Saleh, kegiatan ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Sinar Mas dalam menjalankan program corporate social responsibility mengedepankan produk dan merek andalan sendiri.


Seluruh Alquran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang Mills guna pencetakan kitab suci dan buku agama. Quran Paper yang memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan ini, hingga 90 persen produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA