Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Cegah Golput, Kominfo Gencar Sosialisasi Kesadaran Partisipasi Politik


Jurnal34news.com -- Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2019. Pasalnya, penyaluran hak pilih mereka merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai demokrasi. 
Demikian disampaikan Sekretaris Direktorat Jendera Aptika Kementerian Kominfo Sadjan melalui program Rumah Demokrasi TVRI, Jakarta, Rabu, (20/03/2019) malam. 
Sadjan mengatakan, terkait dengan sosialisasi menjelang pemilihan umum (pemilu) khususnya di media sosial, Kementerian Kominfo telah bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu.
“Tujuannya untuk menyamakan persepsi terkait bagaimana pola komunikasi dan publikasi tentang pemilu. Dari persiapan sampai pada pelaksanaannya nanti, itu kami bangun sedemikian rupa dalam konteks publikasi kepada masyarakat secara sinergi kepada KPU dan Bawaslu,” kata Sadjan. 
Bentuk kegiatan yang dilakukan Kementerian Kominfo, lanjut Sadjan, juga bekerjasama dengan lembaga-lembaga komunitas yang ada di masyarakat. Kementerian Kominfo ingin memberikan informasi sekaligus pencerahan agar pemilu nanti dapat dinikmati oleh semua rakyat Indonesia. 
“Program khusus yang kami miliki itu juga ada yang namanya program Medan Merdeka Barat’9. Itu kami mengadakan secara rutin dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten, kemudian diviralkan melalui seluruh akun media sosial Kominfo,” jelas Sadjan. 
Semua program dan sosialisasi yang dilakukan Kementerian Kominfo merupakan bagian dari langkah-langkah strategis. Tujuannya agar bagaimana dapat mengurangi jumlah golongan putih (golput) yang semakin hari semakin menambah. 
Di sisi lain, para pemilih pemula yang termasuk kategori generasi milenial juga perlu diberikan pemahaman dan sosialisasi. Terutama akan pentingnya kesadaran berpolitik sebagai warga negara. 
“Kalau kita melihat yang golput itu persentasinya sekitar 40 persen dari jumlah penduduk Indonesia, tapi bagaimanapun Kominfo terus mencoba melakukan pendekatan secara persuasif dengan perilaku generasi milenial. Kita mengimbau agar pemanfaatan media sosial digunakan untuk hal-hal yang positif,” pungkasnya.**
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA