Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Siswa MTsN 2 Kota Kediri Raih Gold Award Olimpiade Matematika Di Thailand

                                      foto istimewa


Jurnal34news.com - Kota Kediri (Kemenag) --- Siswa madrasah kembali mengukir prestasi internasional. Kali ini, giliran Muhammad Adi Brata Tata Negara Saputra. Siswa  kelas 7B MTsN 2 Kota Kediri ini meraih Gold Award dalam ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 di Bangkok. 

Info prestasi ini disampaikan oleh Kepala MTsN 2 Kota Kediri, Hadi Suseno, usai Shalat Dluha di masjid madrasah yang diberi nama Al-Azhar, Selasa (09/04). Shalat Dluha menjadi kegiatan rutin para siswa sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai dilanjutkan dengan sharing informasi, termasuk tentang prestasi. Raihan prestasi ini disambut sujud syukur para siswa.

"Alhamdulillah, salah satu sahabat kita, Muhammad Adi Brata Tata Negara Saputra, berhasil mengharumkan nama bangsa, Kementerian Agama,  dan madrasah, khususnya MTsN 2 Kota Kediri di kancah internasional," terang Hadi Suseno, di Kota Kediri, Selasa (09/04).

"Bersaing dengan ratusan peserta dari 21 negara, Adi berhasil meraih Gold Award dalam ajang Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019," sambungnya. 

Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 yang diselenggarakan di Head Star International School Thailand berlangsung dari 5 - 8 April 2019. Ajang ini diikuti para siswa dasar dan menengah (MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA), negeri dan swasta, yang telah bergabung dalam Head Round Indonesia pada instansi pendidikan yang telah bekerja sama dengan TIMO.  Meraka ada di tiap provinsi di Indonesia. Kompetisi ini dilakukan sejak level kelas hingga penyisihan TIMO di tingkat provinsi. 

“Siswa yang lolos Head Round Indonesia dan mendapat medal gold silver bronze, bisa lanjut final TIMO di Thailand,” jelasnya.

Dengan meraih GRADE GOLD ARWARD TIMO di Thailand, lanjut Hadi, maka Adi mendapatkan tiket untuk ikut kompetisisi selanjutnya yang diselenggarakan oleh Jepang, yaitu: World International Mathematics Olympiad (WIMO). Kompetisi ini akan diselenggarakan pada Desember 2019  di Tokyo Jepang.

Atas nama MTsN 2 Kota Kediri, Hadi Suseno mengucapkan selamat kepada Adi. Dia berharap, capaian Adi bisa menjadi inspirasi bagi siswa lain untuk juga berprestasi. Raihan prestasi ini menunjukkan bahwa anak madrasah tidak bisa dianggap enteng. Ini menunjukkan bahwa ternyata madrasah juga bisa. 

“Ananda Adi telah menjadi pahlawan bangsa di event Internasional. Dia telah mengibarkan Merah Putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di antara 21 negara yang mengikuti event di Thailand tersebut. Ini sesuatu yang luar biasa. Dan kami sangat bangsa karena salah satu siswa kami telah menjadi pahlawan negara ini,” ucapnya.

Saat ini, Muhammad Adi Brata Tata Negara Saputra masih berada di Malaysia untuk mengikuti kegiatan lainnya. Melalui sambungan telepon, Adi mengatakan bahwa keberhasilannya tidak terlepas dari kerja keras dalam belajar Matematika, serta dukungan dan doa orang tuanya dan teman-temannya.

“Alhamdulillah, akhirnya Allah memberi saya yang terbaik dalam mengikuti final Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 dengan mendapat medali emas,” ujarnya.

Sebelum mendapat emas di ajang TIMO 2019 ini, Adi juga pernah mendapat medali emas tingkat provinsi Jawa Timur dalam kompetisi Hidayatullah Mathematics and Science Olympiad (HIMPSO) 2019. Prestasi lainnya adalah juara umum kompetisi olimpiade Matematika tingkat Jawa Timur-Jawa Tengah 2019, Bronze Medal tingkat Internasional dalam event Word International Mathematics Olympiad (WIMO) 2018, Silver Medal tingkat Intenasional dalam event American Mathematics Olympiad (AMO) 2018, Peraih Medal Perak tingkat Internasional 2018 dalam event International Challenge for Future Mathematic 2018, serta peraih Perunggu tingkat Internasional dalam event International Mathematic Olympiad 2018. (MTsN 2 Kota Kediri)

Sumber : MTsN 2 Kota Kediri
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA