Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

MUI Menghimbau Agar Tidak Ada Ormas Yang Melakukan Sweeping Saat Peringati Hari Natal

Jurnal34news.com, Jakarta- Majelis Indonesia (MUI) mengimbau agar tidak ada ormas Islam yang melakukan sweeping saat peringatan Hari Natal. Kalau hal itu dilakukan, maka ormas tersebut akan berhadapan aparat penegak hukum.


Menurut Ketua MUI Ma'ruf Amin, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan ormas-ormas yang berada dalam ruang lingkup MUI.


Namun Ma'ruf menegaskan, MUI tidak bisa memberi sanksi kepada para ormas yang melakukan pelanggaran atau dalam hal ini melakukan sweeping, karena kewenangan mereka hanya memberikan fatwa atau imbauan.


"Kalau ada ormas yang melakukan sweeping akan berhadapan dengan aparat hukum," kata Maruf saat menyampaikan Tausiyah Akhir Tahun 2007, di Kantor MUI, Jumat (22/12).


Ma'ruf juga mengajak pihak lain selain dari ormas agar tidak memancing reaksi umat Islam untuk melakukan sweeping di peringatan Hari Natal. Dia mengungkapkan salah satu alasan terjadinya sweeping adalah adanya perusahaan yang memaksa karyawannya, untuk memakai atribut natal kepada pegawai yang beragama Islam.


"Untuk terpeliharanya kerukunan dan kehidupan antar umat beragama, MUI menghimbau agar pihak terkait agar dalam suasana natal dan pergantian tahun baru ini tidak memaksa, mendorong, mengajak karyawan yang beragama Islam memakai atribut atau simbol-simbol yang tidak sesuai dengan keyakinan mereka," tegas Makruf.


MUI saat ini belum memberikan fatwa terkait ucapan selamat Natal atau yang berkaitan dengan perayaan agama lain. Sehingga menurutnya MUI memperbolehkan umat islam mengikuti sesuai dengan mazhab masing-masing yang ada di Islam, selama tidak bertentangan dengan Al-Quran dan Hadist.


"Dikalangan Ulama berbeda pendapat mengenai ucapan natal boleh atau tidak, atau juga berkaitan dengan perayaan hari besar agama lainnya. MUI belum mengeluarkan fatwa terkait hal itu, maka silakan mengikuti yang memperbolehkan, atau mengikuti yang tidak memperbolehkan," tutur Makruf. (Agn/Ws)
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA