Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Inilah Aksi Bakamla - Wings Bersihkan Pantai Utara Jakarta





Jurnal34news.com -- Setelah beberapa hari berjibaku melakukan serangkaian tahap persiapan, kini Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama Wings  melakukan  bersih-bersih Pantai Utara Jakarta, tepatnya di sekitar area Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (28/4/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya, acara bertajuk “Gerakan Cinta Laut” ini melibatkan berbagai instansi pemerintah seperti Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, Dirjen Bea Cukai, TNI AL, Pemda DKI, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta. Peserta kegiatan ini lebih dari 600 orang, termasuk masyarakat daerah setempat.

Aksi bersih-bersih ini merupakan kepedulian nyata Bakamla dan Wings terhadap lingkungan. “Bakamla berfungsi mengemban tugas Indonesian Coast Guard sebagai penjaga keselamatan laut (maritime safety), penjaga keamanan laut (maritime security), dan fungsinya sebagai Komponen Cadangan (Komcad) pertahanan dalam aspek maritime (maritime defence). Ayo kita jaga laut Indonesia agar bersih dan lestari, hindari segala bentuk pencemaran. Mari kita jaga kehidupan biota laut demi kebaikan masa depan bangsa Indonesia,” ujar Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. dalam sambutannya sebagaimana dibacakan  Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla 
Laksamana Muda Bakamla Drs. Frederik Kalalembang, yang hadir langsung pada kegiatan  sosial tersebut, sekaligus   menyerahkan sarana kebersihan secara simbolis kepada camat penjaringan Muhammad Andri.

Penyerahan sarana kebersihan itu dilakukannya sekaligus mengawali  acara  pembersihan pantai.

Lebih lanjut, Laksda Bakamla Frederik dalam sambutannya mengatakan, kegiatan hari ini adalah contoh kerja sama yang diberikan Bakamla dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang bermanfaat langsung untuk masyarakat dan lingkungan di wilayah Muara Angke. "Semoga dari kegiatan hari ini setiap masyarakat dan elemen kemaritiman dapat bekerja sama untuk menjaga kebersihan pantai kita sehingga menjadi pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi", ajak Laksda Bakamla Frederik.

“Wings berkomitmen dalam mendukung program Indonesia Bersih yang diinisiasi oleh pemerintah belum lama ini. Kami telah dan akan terus berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah sesuai jenisnya, menghimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan daur ulang dan re-use kemasan plastik. Plastik bernilai ekonomis dan dapat digunakan untuk membuat barang-barang yang berguna. Pada kesempatan ini, kami juga memberikan bantuan fasilitas kebersihan kepada warga setempat. Semoga warga masyarakat mau bersama-sama menjaga kebersihan pantai dan laut, dan bagi siapapun yang melintasi laut atau menggunakan moda transportasi tidak membuang sampahnya ke laut,” tambah Hardi Agustanto, General Manager Sales & Marketing PT Sayap Mas Utama (Wings Group)

Sebanyak beberapa truk sampah berhasil dikumpulkan selama 4 jam pembersihan. Sampah yang dikumpulkan terdiri dari berbagai jenis sampah, dari sampah plastik, styrofoam, hingga kayu dan dedaunan. Seperti diketahui bahaya sampah plastik mengancam kehidupan manusia juga biota laut. Sampah ini berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap sampah.

Dalam kesempatan ini, juga hadir Plt. Sestama Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E.,M.Si., Kepala Biro Sarpras Laksmana Pertama Bakamla Amrien, Direktur Kebijakan Laksamana Pertama Bakamla Agung Endrawan, S.H.,M.H, Komisaris Wings Corporations Hardi Agustanto, Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, SIP., M.Si., Putra Putri Pariwisata Pulau Seribu, Fahri M.Dahlan & Shahnaz A. Abidin., serta undangan lainnya.

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla  Letkol Bakamla Mardiono
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA