Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Jika Kalah, Jimly : Gunakan Mekanisme Resmi Gugat Hasil Pemilu

Keterangan foto : Ketua ICMI Saat Menghadiri Peringatan Isra Mi'raj Rusun Muara Baru (14042019)

Jurnal34news.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, mengingatkan kepada kedua pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk tidak sekalipun membayangkan penggunaan kekuatan people power dalam menyingkapi hasil Pemilu serentak 2019.

Dikatakan Jimly, jika pada kenyataannya keputusan dan hasil penghitungan yang dilakukan KPU tidak memuaskan semua pihak, maka sudah ada mekanisme yang mengatur itu semua. Yakni melalui pengajuan gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jika hasil penghitungan suara tidak memuaskan semua pihak, sekarang sudah ada mekanismenya di MK. Kita mengimbau semua pihak gunakan mekanisme resmi ini. Jangan membayangkan ada people power, demo, dan lain-lain," ucap Jimly, di Kantor ICMI, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Dirinya pun mengingatkan agar timses kedua pasang capres cawapres sudah mulai mengumpulkan bukti-bukti dugaan kecurangan Pemilu yang mengakibatkan kekalahan pasangan calon. Dirinya meyakini, hasil KPU bisa berubah jika ternyata ada bukti kuat kecurangan yang dilakukan.

"Timses bisa bekerja profesional mengumpulkan sebanyak-banyaknya bukti. Kalau bisa dibuktikan ada kecurangan terstruktur, sistematis dan masif, bisa berubah apa yang diputuskan KPU," ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada semua pemimpin yang ikut berlaga di Pemilu 2019, termasuk elite politik agar dapat membangun budaya demokrasi yang adil dan lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok.



Yeremia Sukoyo / YUD
Sumber: Suara Pembaruan
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA