Presiden Jokowi Meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN



Jurnal34news.com Jakarta, Indonesia - Presiden Jokowi telah meresmikan gedung Sekretariat ASEAN yang baru di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Jakarta Selatan (8/8).

Presiden Jokowi menekankan arti penting relevansi ASEAN,"Ke depan tantangan ASEAN untuk 50 tahun tidaklah mudah. Oleh karena itu, ASEAN harus dapat mempertahankan relevansinya."

Presiden Jokowi juga mengingatkan ASEAN untuk menguatkan persatuan. “Untuk terus dapat memainkan peran sentral ke depan, satu kunci utama yang diperlukan ASEAN adalah persatuan" demikian Presiden Jokowi.

“Gedung baru ini mencerminkan spirit baru ASEAN, 'the new ASEAN', ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu dalam sambutannya Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi menggarisbawahi arti penting dialog dalam kerja sama ASEAN dan hal ini tercermin dalam arsitektur bangunan Sekretariat ASEAN.

Dalam sambutannya, Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi menyampaikan bahwa ASEAN telah menjadi mitra terpercaya di kawasan. Sedangkan Menlu Thailand Don Pramudwinai menyampaikan agar gedung baru ini tidak hanya mendukung penguatan peran ASEAN, tetapi juga tumbuhnya identitas ASEAN.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu, Menlu Retno L.P. Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bertepatan dengan hari jadi ke-52 ASEAN, peresmian dihadiri sejumlah Menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN dan sekitar 300 undangan. sumber: Kementerian Luar Negeri

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama