Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Connect Digital Economic diluncurkan KOMINFO


Jurnal34news.com Jakarta - Masih dalam suasana Hari Sumpah Pemuda, KOMINFO meluncurkan program yang memang target nya anak muda kaum milenial, dengan nama Connect empowering Indonesian's Digital through innovation & collaboration. Dimana sebuah negara besar seperti Indonesia dengan pengguna internet yang besar didunia, tanpa inovasi dan kolaborasi dengan para stake holder tidak mungkin pertumbuhan ekonomi digital terwujud secara dinamis.

Kata pembukaan disampaikan oleh Ibu Niken Widiyastuti Sekjen Kominfo, bahwa perubahan era digital, mau tidak mau membuka pikiran kita semua, khususnya untuk para milenial yang akan terjun didunia bisnis baik industri maupun perdagangan akan dihadapkan pada pilihan mau berubah atau mengikhlaskan negara kita menjadi pasar bagi negara lain yg telah berinovasi bidang ekonomi digital? Pemerintah saat ini telah menjadi fasilitator bagi masyarakat pengguna, berbeda dengan konsep lama sebagai regulator. Ayo adik-adik manfaatkan kesempatan ini dengan mengikuti acara Connect yang diselenggarakan di JCC pada tanggal 30- 31 Oktober 2019 dan diikuti oleh ratusan pameran UMKM dari berbagai industri dan jasa, sampai selesai ujar bu Sekjen dengan salam Pancasila, sontak disambut tepuk tangan hadirin.

Pada kesempatan ini Kominfo juga menggelar Seminar   baik dari Pemerintah Pusat dan Pemda terpilih  maupun praktisi pelaku usaha terkait.
Para nara sumber mulai dari Kementerian UKM Dan Koperasi , Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan tentu Dari Kementerian Kominfo bidang Kemaritiman Dan Perekonomian.

Septriana Tangkary Direktur Komunikasi Informasi Publik bidang Kemaritiman Dan Ekonomi, memaparkan Dukungan SDM Era Industri 4.0 melalui Digital Talent Scholarship, bea siswa ini menciptakan 25.000 orang sejak 2018 hingga kedepan dan bagi yang terpilih akan mendapat sertifikat. Program ini telah bekerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka antara lain :ITB,UI,ITS,UNPAD dan UGM didukung Microsoft.
Sedangkan penetrasi pengguna internet Indonesia mencatat 171,17 juta jiwa dari total penduduk 264,1 juta jiwa atau 65 % dari total populasinya.
Maka Kominfo mengarahkan kepada 1000 peserta seminar, agar memanfaatkan internet tersebut unt kegiatan-kegiatsn produktif seperti  ekonomi melalui startup dan penjualan dan transaksi online, sehingga dapat membuka lapangan kerja. Sesuai program bapak Presiden Jokowi UMKM harus tumbuh, diera digital khususnya memperluas  pemasaran kalau perlu ekspor, pungkasnya.

LPER (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat) yang ikut dalam kolaborasi ini Ir. Eka Mardiyanti selaku Ketua bidang Pendidikan & Pengembangan sangat antusias mendapatkan kesempatan belajar hal baru dan dipercaya ikut pameran produk UMKM seperti Kopi Persahabatan milik Lucas Kristian yang komunitasnya sudah ribuan serta Kain tenun, kerajinan NTT, bordir. Batik dll. Milik Arum Sudady.

Sebagai tamu VIP Sekjen LPER Dr. Francisca Sestri , Ketua Bidang Hukum Notaris Nenden Esty Juana, mereka menyimak acara Seminar dengan seksama dan ikut meninjau pameran Connect yang dipadati para milenial. (Sestri/dea)
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA