Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Komnas PA beri Penghargaan Kepada Kapolres Ciamis


Jurnal34news.com Dalam rangka mewujudkan Kabupaten layak anak,Polres Ciamis bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) dan jajaran Stakeholder melaksanakan kegiatan seminar pencegahan kejahatan terhadap anak dan penanganan anak berhadapan dengan hukum di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Selasa (10/12/2019).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Ciamis H.Herdiat Sunarya, Ketua Komisi Nasional Perlindungan anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait, Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH, S.ik, MH, jajaran Stakeholder Kabupaten Ciamis dan Pengandaran, unsur TNI, Forkopimda Kabupaten. Ciamis,SKPD Kabupaten Ciamis, organisasi masyarakat dan tokoh agama dan masyarakat setempat.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, bahwa kegiatan seminar ini merupakan bentuk sarana untuk bersinergi antara pemangku kebijakan guna untuk mewujudkan Kabupaten Layak anak, serta untuk melindungi anak berhadapan dengan hukum dan pencegahan kejahatan terhadap anak.

"Kasus tindak pidana Kejahatan pada anak di wilayah hukum Polres Ciamis meliputi Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran didominasi dari kasus asusila dengan berbagai modus operandi," ujar AKBP Bismo.

Sementara Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan seminar ini. Khusus untuk di Kabupaten Ciamis, pihaknya Pemerintah Daerah telah berupaya untuk melakukan pencegahan kejahatan terhadap anak dan telah melakukan sosialisasi yang sesuai dengan program Visi dan Misi,  yaitu salah satunya dengan gerakan Magrib mengaji.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait menyampaikan, kekerasan terhadap anak dapat dapat terjadi dimana saja seperti di lingkungan rumah, sekolah, dan lingkungan sosial maupun ruang publik. Jadi semua lingkungan atau tempat itu harus diwaspadai dan di monitoring setiap saat.

"Peran negara terhadap perlindungan anak masih minim. Hal ini terlihat dari angka kekerasan tehadap anak yang semakin meningkat, baik kualitas maupun kuantitasnya, sementara program pemerintah tak kalah banyak namun tidak implementatif," papar Arist.

Dalam kegiatan tersebut Polres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso SH,S.ik,MH mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas respon cepat dalam penanganan kasus terhadap anak yang diberikan langsung oleh Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait.(red)
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA