Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Cegah Banjir Rob, Kodim Kolaka Bangun Tanggul Anaiwoi


Jurnal34news.com.-Kolaka..Mencegah terjadinya akibat banjir rob dari pantai, dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) -108 kali ini, Kodim 1412/Kolaka membantu warga  membangun tanggul di pesisir pantai Desa Anaiwoi, Kec Tanggetada.

Hal itu dikatakan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam riliisnya, Jumat (19/6/2020).

“Pra TMMD telah dilaksanakan  di Desa Anaiwoi, dimana Satgas (TMMD-108) melaksanakan pembangunan talud dan perbaikan jalan"ujar Sumarsono.


"Talud ataupun tanggul yang dibuat di bibir pantai ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Anaiwoi, diantaranya mencegah dampak banjir rob ke pemukiman," imbuhnya.

Menurut Sumarsono, banjir rob umumnya terjadi akibat permukaan air laut naik ke daratan.

"Yang perlu diantisipasi jika banjirnya cukup deras dan dibeberapa situasi bisa membahayakan warga, bangunan bahkan ternak yang ada.Khususnya bagi warga yang bermukim di dekat bibir pantai,” kata Sumarsono.

Selain membantu kesulitan warga yang berada di pinggir pantai, lanjutnya, kegiatan ini juga selaras dengan tujuan Program TMMD-108, yaitu TNI AD selalu  hadir ditengah masyarakat.

"Khususnya untuk turut serta  terlibat dalam membangun dan memajukan wilayah serta masyarakatnya,"tegas Sumarsono.

"Ini juga sesuai penekanan Danrem 143 (Brigjen TNI Jannie Aldrian Siahaan), bahwa  diharapkan seluruh prajurit bisa melaksanakan dengan  semangat serta berbuat tulus dan ikhlas,” imbuhnya.

 Senada dengan yang dikatakan oleh Kapenrem, Ardi, salah satu warga Anawoi mengatakan bahwa tanggul yang dibuat  sangat besar manfaatnya bagi  masyarakat Anawoi.

"Dengan tanggul ini air laut tak lagi membuat longsor bibir pantai atau abrasi serta tanggul ini bisa mencegah datangnya air pasang dan banjir rob di pemukiman warga,” katanya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bapak – bapak TMMD yang yang bekerja keras, bergotong royong bersama kami dan sepenuh hati berbuat untuk perbaikan wilayah kami,” imbuh Ardi.

Dalam kesempatan ini pula Ardi menyampaikan harapan besarnya kepada Dandim 1412/Kolaka Letkol Kav Ir. Amran Wahid selaku Dansatgas TMMD 108 untuk menyarankan kembali Desa Anawoi  menjadi lokasi sasaran TMMD berikutnya.

“Harapan besar kami, kepada bapak Dandim Kolaka moga kedepannya kegiatan TMMD bisa disarankan untuk kembali di wilayah kami, Terimakasih dan kami bangga berada ditengah – tengah Prajurit TNI yang mau meluangkan waktu dan pikirannya untuk memajukan dan membangun wilayah kami,” imbuhnya.

Pun demikian dengan  Serka Kamaruddin, Babinsa Koramil 1412 - 07 Watubangga yang berada di lokasi Pra TMMD-108, mengatakan antusiasme warga sangat tinggi dalam membantu proses pengerjaan tanggul dan perbaikan jalan.

“Warga sangat senang dan sangat antusias dengan kegiatan ini, mereka seolah tak kenal lelah bekerja bersama Satgas TMMD,” pungkasnya.

(Tyson/Red)
Share This Article :
Tison

KASUS NARKOBA