Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

Terjebak Banjir dan Tanah Longsor, 9 Babinsa Ramil Lasolo Berhasil Evakuasi 43 Wisatawan


Jurnal34news.com.- Sulawesi Utara..Sembilan Babinsa dari Koramil 1417-06/Lasolo yang tergabung dalam Tim Gabungan TNI, Polri, dan Basarnas, berhasil mengevakuasi 43 wisatawan yang terjebak banjir dan tanah longsor di tempat wisata Air Terjun Lametono di Kecamatan Lasolo Kabupaten  Konawe Utara,  Sulawesi Utara.

Hal ini dikatakan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Senin (6/7/2020).

“Tim gabungan yang berjumlah sekitar 60 orang ini berhasil mengevakuasi korban dengan proses yang tidak mudah,” ungkapnya.


Dikatakan Kapenrem menurut Kapten Inf Edi Kusuma Danramil 1417- 06/Lasolo untuk mencapai di lokasi air terjun Lametono dan proses evakuasi korban membutuhkan perjuangan karena harus ditempuh dengan berjalan kaki serta melalui medan yang sulit.

“Kami harus berjalan kaki sejauh dua Kilometer dan menyusuri 13 sungai untuk mencapai lokasi akibat yang ditimbulkan oleh banjir dan tanah longsor,” kata Danramil.

Untuk mempercepat proses pencarian itu, Danramil 1417-06/Lasolo membagi dua tim dengan arah yang berlawanan dan berhasil menyelamatkan serta mengevakuasi para wisatawan yang terjebak banjir dan tanah longsor tersebut.


“Satu tim di Desa Awalia, empat orang Babinsa dipimpin  Serma Sabarudin, berhasil menemukan dan mengevakuasi 10 orang korban. Sedangkan tim kedua di Desa Lametono terdiri lima Babinsa dan langsung  saya pimpin sendiri, berhasil menemukan dan mengevakuasi 33 orang korban,” lanjut Edi Kusuma.

“Alhamdulillah semua korban kini sudah terkumpul semua dalam keadaan selamat, dan telah kami kembalikan ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan dari tim gabungan. Terimakasih untuk semua tim dan masyarakat atas kerja sama dan tanpa mengenal lelah membantu dalam menyelamatkan korban,” pungkasnya.

(Tyson/SulUt)
Share This Article :
Tison

KASUS NARKOBA