Loading...
MASIGNCLEANSIMPLE101

GK CENTER Mengajak Masyarakat Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Di masa Covid 19 Dengan Pemanfaatan Teknologi Digital

Jakarta-Wabah pandemi korona yang biasa dikenal penyebaran pandemi covid-19, seperti pageblug bahasa Jawanya yaitu suatu virus menyebar skala internasional dan menyebabkan kematian bagi yang terjangkit penyakit tersebut.

Akibatnya semua kegiatan baik rumah tangga maupun ekonomi, pendidikan, sosial harus dilakukan dari rumah (work from home), namun juga banyak yang gulung tikar.

Keadaan berangsur membaik dan PSBB mulai dilonggarkan oleh tiap negara, tak terkecuali Indonesia memasuki masa new normal, artinya semua kegiatan diluar rumah harus mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak antar sesama (social distancing) serta hidup sehat yaitu menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin (E,C,B Komplex), Jamu yang mudah didapat seperti Jahe, Kunyit, Sereh, Temulawak, Kencur dll. Pada akhirnya menjadi perhatian para khalayak baik Dunia usaha, Akademik dan Pemerintah serta Lembaga Swadaya Masyarakat lainnya untuk mendiskusikan dan mencari solusi melalui teknologi digital.

GK Center suatu wadah relawan Jokowi yang berdiri sejak tahun 2011 oleh para Alumni Kemahasiswaan rerata berasal dari Solo dibawah pimpinan Kelik Wirawan, mengajak para anggotanya yang tersebar diseluruh Nusantara dan Luar negeri seperti Malaysia, Hongkong, Prancis dan lain lain,  kurang lebih 2000 orang, untuk aktif membantu Pemerintah dalam sosialisasi pencegahan pandemi covid-19 dibidang Sosbud dan Ekonomi.

Pada 13 April 2020 saat belum hit tentang webinar/ zoom meeting GK Center telah mengadakan diskusi terbatas tentang Strategi Penguatan Ekonomi Masa Pandemi berlangsung dengan menghadirkan Bp. Chatib Basri (Preskom Bank Mandiri) dengan penanya bp. Harianto Wakil Ketua APINDO bidang Ketenagakerjaan.

Kemudian dilanjutkan dengan Webinar Zoom Meeting tentang Dampak Sosial Politik yang menampilkan nara sumber dari CSIS bapak J Kristiadi, dalam seminar online ini rerata para peserta merasa kuatir apabila terjadi gejolak politik terutama lawan-lawan pak Jokowi ada 46 persen-an khususnya pendukung diluar P Jawa, Bali.

GK Center juga mengadakan
Webinar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, yang dilakukan dari rumah masing-masing dengan Pembicara Utama Prof. Dr. Rhenald Kasali dengan tema "Welcome to the New Normal  Life, adaptasi di Era Indonesia Maju, untuk menyemangati anggota GK pada saat keadaan terpuruk, akibat pandemi covid-19 ini. Webinar ini diikuti oleh seluruh perwakilan GK baik dalam maupun luar negeri..

Selanjutnya dimasa transisi setelah Indonesia mulai bangkit dan melonggarkan kegiatan ekonomi, namun juga tetap antisipasi soal kesehatan, GK Center kembali mengadakan Seminar online dengan Zoom meeting pada tanggal 24 Juli 2020 menampilkan nara sumber Sandiaga Uno rival politik Presiden Jokowi saat pencalonan Presiden dan Wakil tahun 2019 dan Chatib Basri Preskom Bank Mandiri dan Menteri Keuangan Tahun 2018- 2019.Tema yang diusung PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL :Apa Langkah-langkah preoritas yang diperlukan?

Dalam sambutan pengantar Kelik Wirawan menekankan bahwa Pemerintah telah memberikan stimulus baik bidang Kesehatan (kemanusiaan) maupun Ekonomi agar Indonesia segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Maka bantuan-bantuan nyata melalui relawan Jokowi juga telah dilakukan GK Center dengan masyarakat peduli pandemi. Nah untuk pemulihan ekonomi kita bisa mendengarkan paparan para nara sumber yang telah berpengalaman untuk Indonesia Maju", ungkap Kelik Wirawan yang di monitor Redaksi jurnal34news.com.

Diskusi ini dimoderatori oleh Arthadinata Jangkar CEO Ciputra World dengan Perespon: Ahmad Fajar (Dirut Bank Victoria), Francisca Sestri (Sekjen LPER dan Puket I STIE Insan Pembangunan) serta Wahyu Widodo (Pengusaha bidang Pariwisata).

Peserta webinar sekitar 400 orang diluar Youtube Live  terdiri dari Pengusaha termasuk UMKM, BUMN, Akademisi, tingkat internasional.Moderator menyimpulkan bahwa membangkitkan ekonomi disaat pandemi covid-19 memang harus dilakukan baik usaha UMKM, Besar dan Sedang, suka tidak suka harus melalui bisnis berbasis teknologi, namun soal kesehatan tetap menjadi fokus utama.

Penutup dan ucapan terimakasih pada peserta diskusi tingkat internasional dari Didy Budiono selaku Host dan  Sekjen GK Center, ia juga berharap kedepan situasi semakin kondusif dan masyarakat disiplin menjalani new normal untuk pemulihan ekonomi nasional.(Dea/Sestri)
Share This Article :
JURNAL34NEWS

KASUS NARKOBA