Kreativitas Pelda Ketut Dalam Mengolah Sampah Menjadi Eco Enzim

Jurnal34news.com.- Jakarta timur - Disela tugas dan tanggung jawabnya sebagai Babinsa , Pelda Ketut Budiyanto Babinsa Koramil 05 Kramat jati juga berkreasi aktif dalam pengenalan dan pembuatan eco enzyme serta cara pengolahan limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu) dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat bertempat di lingkungan binaan Teritorial, Kamis (14/01/21).

Hasil pembuatan Eco Enzyme bisa menjadi cairan multiguna dan permentasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan juga peternakan. Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang sangat berguna yaitu dengan menggunakan sampah buah atau sayuran. Enzim dari sampah organik ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa dapur untuk sesuatu yang sangat bermanfaat. Cairan ini bisa menjadi pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami dan pestisidia yang efektif untuk tanaman.

Pelda Ketut Budiyanto dalam Giat sosialisasi nya di beberapa tempat, dengan mempraktekkan langsung cara pengolahan enzim dari sampah organik yang biasanya di buang ke dalam tong sampah sebagai pembersih organik, jadi eco enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat.

Eco Enzyme yang kita buat bisa saja menjadi cairan multiguna dan aplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan juga peternakan. Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna menggunakan sampah buah atau sayuran. Enzim dari sampah ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa dapur untuk sesuatu yang sangat bermanfaat. Cairan ini bisa menjadi obat, pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami dan pestisidia yang efektif.

Enzim yang sudah diolah mengubah amonia menjadi nitrat (NO3), hormon alami dan nutrisi untuk tanaman. Sementara itu mengubah CO2 menjadi karbonat (CO3) yang bermanfaat bagi tanaman laut dan kehidupan laut.

Manfaat dan kegunaan eco enzim sebagai pembersih rumah tangga, insektisida, antiseptik, perawatan tubuh, pupuk ,karena kandungannya, eco Enzyme memiliki banyak cara untuk membantu siklus alam seperti memudahkan pertumbuhan tanaman (sebagai fertilizer), mengobati tanah dan juga membersihkan air yang tercemar. 

Pembersih enzim yang sudah di olah ini 100% natural dan bebas dari bahan kimia, mudah terurai dan lembut di tangan, Cairan ini juga penolak serangga alami yang membuat semut, serangga dapat menjauh. karena alaminya, setelah digunakan untuk pel, cairan ini juga bisa dipakai untuk menyiram tanaman. Eco Enzyme juga dapat digunakan untuk merangsang hormon tanaman untuk meningkatkan kualitas buah dan sayuran dan untuk meningkatkan pertumbuhan buah yang meningkat, tandasnya.

(Tyson) 

Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama