Personil Babinsa Koramil 05/KJ Kodim 0503/JB Beri pemahaman Sila Pancasila Kepada Pelajar


Jurnal34news.com,- Jakarta. Barat Untuk meningkatkan rasa memiliki dan berjiwa nasionalisme, hari ini personil Babinsa Koramil 05/KJ Kodim 0503/JB Kel Kedoya Selatan Serma Sunarsa dan Serda Sulistiyono mengajarkan pemahaman dasar-dasar Pancasila dan nilai-nilai moral Pancasila sebagai pandangan hidup kepada siswa dan siswi. Senin (11/04/2022) 


Bertempat di Posko Kampung Pancasila Jl Adhi Karya Pintu Air RT 006 RW 005 Kel Kedoya Selatan Kec Kebon Jeruk Jakarta Barat,


Serda Sulistiyono menyampaikan, pengertian Pancasila, dan fungsi Pancasila sebagaimana yang diketahui bahwa Pancasila merupakan Dasar Negara Indonesia serta sudah sepatutnya sebagai warga negara apalagi pemuda penerus cita – cita bangsa sangat perlu untuk mempelajari lebih dalam dasar negara.


” Danramil 05/KJ Kapten Inf Sudarsono mengatakan, ” pancasila dilambangkan oleh Garuda dan didalam lambang Garuda terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas yang mencerminkan dari 5 sila Pancasila. Pancasila berasal dari bahasa Sangsekerta, yaitu Panca yang berarti “lima” dan Sila yang berarti “dasar” secara harfiah Pancasila bisa di artikan sebagai Lima Dasar sedangkan secara umum Pancasila merupakan lima dasar yang mengandung pedoman atau aturan mengenai tingkah laku, adat istiadat dan tatanan pemerintahan yang mengikat bangsa Indonesia dalam Kebhinekaan Tunggal Ika dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.


” Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah, guna memantapkan dan meningkatkan pengetahuan anak-anak Sekolah, khusus siswa Sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA, agar mereka mengerti dan memahami tentang Pancasila sebagai landasan dan falsafah hidup dalam perbedaan di tengah-tengah Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” ujarnya.


” Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihafalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan, diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila.” pungkas Danramil.




(Red) 






Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama